Skip to content

Fisiotherapy

Fisioterapi dapat  memberikan pelayanan kesehatan dalam masalah kemampuan gerak dan fungsi. Dalam definisi WCPT 1999 di Yokohama, Jepang disebutkan fisioterapi adalah pemberi pelayanan kepada perorangan dan masyarakat yang bertanggung jawab untuk meningkatkan, memelihara dan mengembalikan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan.
Seperti juga yang tercantum dalam KEPMENKES 1363 tahun 2001 disebutkan bahwa:
“Bentuk pelayanan kesehatan yang ditunjukkan pada indifidu maupun kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi dan komunikasi”.

Fisioterapi sebagai tenaga kesehatan harus mempunyai kemampuan dan ketrampilan untuk memaksimalkan gerak yang berhubungan dengan mengembangkan, mencegah, mengobati, dan mengembalikan (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) gerak dan fungsi seseorang. Hal ini yang menandakan peran fisioterapi tidak hanya pada orang yang sakit saja tetapi juga berperan pada orang sehat untuk mengembangkan dan memelihara kemampuan aktifitas ototnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: